marquee

welcome to my blog

Selasa, 14 Juli 2015

lembar kerja siswa materi garis dan sudut

LEMBAR KERJA SISWA
 PERTEMUAN 1
Mata pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : VII E/II
Waktu                                     : 3 x 40 menit
Hari/Tanggal               : . . . .
Ketua Kelompok         :
Anggota                      : 1.
2.
3.
4.
5.
Tujuan pembelajaran   :
*      Siswa dapat menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).
*      Siswa dapat membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka

Materi :
 









A.      Text Box: Garis adalah kurva lurus yang tidak berpangkal dan tidak ber ujungText Box: Garis AB (¯AB) melalui titik A dan titik B
Pengertian Garis

Rounded Rectangle: Sinar garis adalah kurva lurus yang  berpangkal tetapi tidak berujung.

Ruas garis adalah kurva lurus yang berpangkal dan berujung.
 














Cloud Callout: Catatan buat kawan-kawan ku...!!!
Garis dapat dinamakan dengan suatu huruf kecil. Misal garis AB dinamakan garis g.
 





Description: Penguins.jpg

B.       Kedudukan Garis
Rounded Rectangle: 1. Dua garis dikatakan sejajar jika mempunyai arah kemiringan yang sama, tidak mempunyai titik persekutuan, dan ada tepat satu bidang datar yang melalui kedua garis tersebut.
2. Dua garis dikatakan berpotongan jika kedua garis mempunyai tepat satu titik persekutuan. Sebagai akibat ada tepat satu bidang datar yang melalui kedua garis tersebut.
3. Dua garis dikatakan berimpit jika kedua garis melalui titik yang sama.
4. Dua garis dikatakan bersilangan jika kedua garis tidak sejajar dan tida mempunyai titik persekutuan.
 


























C.       Membagi ruas garis
1.      Membagi ruas garis menjadi n bagian sama panjang.
 


























2.      Perbandingan segmen garis.
Text Box: Gambar di samping menunjukkan garis PQ dibagi menjadi 5 bagian sama panjang, sehingga PK = KL = LM = MN = NQ. Jika dari titik K, L, M, N, dan Q ditarik garis vertikal ke bawah, sedemikian sehingga PA = AB = BC = CD = DE, maka diperoleh sebagai berikut:
1. PM : MQ = 3 : 2
PC : CE   = 3 : 2
PM : MQ = PC : CE
2. QN : NP = 1 : 4
ED : DP = 1 : 4
QN : NP = ED : DP
3. PL : PQ = 2 : 5
PB : PE = 2 : 5
PL : PQ = PB : PE
4. QL : QP = 3 : 5
EB : EP = 3 : 5
QL : QP = EB : EP
 















Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.     
Salinlah gambar di samping. Kemudian dengan menggunakan jangka dan penggaris bagilah masing-masing garis menjadi 5 bagian sama panjang !
 
a.
 
b.



2.      Perhatikan kubus ABCD.EFGH berikut.






Tentukan garis yang bersilangan dengan garis CD, garis yang berpotongan dengan garis AD, dan garis yang sejajar dengan garis HG!


3.      Perhatikan gambar berikut.

 














Diketahui AD=DE=EF=FG=GH=HI=IB. Jika AE = 4 cm, AL = 18 cm, tentukan hasil AJ – AD!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar