RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
Kelas/Semester
Mata Pelajaran
Pertemuan
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
MTs.
Al-Muthmainnah Leseng
VII/Genap
Matematika
Pertama
2 x 40 menit
|
A.
Standar Kompetensi
B.
Kompetensi Dasar
6.1.
Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar
sudutnya.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menjelaskan
jenis–jenis segitiga berdasarkan panjang sisi-sisinya.
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan
jenis–jenis segitiga berdasarkan panjang sisi–sisinya.
E.
Materi Ajar
Segitiga.
F.
Metode Pembelajaran
Metode diskusi dengan penerapan Strategi
Active Knowledge Sharing Berbantuan Media
Poster
G.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
1. Peserta
Didik diingatkan untuk berdoa bersama agar selalu dalam keadaan sehat dan
mudah memahami materi yang akan dibahas. (religius)
2. Peserta
didik diberikan motivasi belajar (perhatian).
3. Peserta
didik diingatkan kembali tentang materi sebelumnya (perhatian).
4. Guru mengemukakan topik yang akan di pelajari (Rasa hormat dan perhatian).
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (Rasa hormat dan perhatian).
|
15
menit
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik diberikan pertanyaan yang berkaitan
dengan jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya (kreatif dan mandiri)
2.
Peserta didik diberikankan poster segitiga sebagai
informasi dalam menjawab pertanyaan tersebut (kreatif dan mandiri).
3.
Peserta didik diminta
untuk menjawab pertanyaan sebaik mungkin (tanggung jawab individu, rasa percaya diri)
4.
Peserta didik diminta berkeliling ruangan untuk mencari siswa lain yang
dapat menjawab pertanyaan yang siswa tidak ketahui jawabannya (kerjasama, disiplin, dapat dipercaya,
aktip bertanya, rasa ingin tahu, toleran)
5.
Peserta didik diminta untuk saling
membantu satu sama lainnya. (kerjasama,
dapat dipercaya, akti bertanya)
6.
Peserta didik diminta untuk kembali ketempat
duduknya dan mengulas jawabannya.(disiplin)
7.
Guru mengisi jawaban yang tidak bisa dijawab oleh peserta
didik.(rasa hormat dan pehatian)
8.
Guru menggunakan informasi dari jawaban-jawaban peserta
didik untuk menyampaikan tofik-tofik penting tentang jenis-jenis segitiga
berdasarkan panjang sisinya. (perhatian,disiplin
dan berani bertanya)
9. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap materi jenis-jenis
segitiga berdasarkan panjang sisinya, apakah materi tersebut sudah bisa
dimengerti atau ada kesulitan. (berpendapat
dan kerja sama)
|
60
menit
|
C. Penutup
1. Guru
bersama peserta didik menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran (ketelitian,
cerdas, mandiri, dan tanggung jawab individu)
2.
Peserta didik diberikan
Pekerjaan Rumah (PR)
.(cerdas,
mandiri dan tanggung jawab individu)
3.
Peserta didik
dikenalkan dengan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. (mandiri)
|
5 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
- Tes essay
3. Contoh Instrumen:
segitiga
dibawah ini manakah yang merupakan segitiga sama sisi, sama kaki, dan segitiga
sebarang
(i)
![]()
|
![]()
(v)
|
![]() ![]() ![]() ![]()
(vi)
|
I.
Sumber belajar
Buku teks Matematika
BSE.
Poster
Mengetahui,
Kepala MTs. Al-muthmainnah Leseng
SANDI, S.Pd
NIP.
19730812 199803 1 006
|
Leseng, Februari
2014
Guru Mata
Pelajaran
SAMSUL
BAHRI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar