RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Picture And Picture)
Satuan Pendidikan
Kelas/Semester
Mata Pelajaran
Pertemuan
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 14 Mataram
VII/Genap
Matematika
Kedua
2 x
40
menit
|
A.
Standar Kompetensi
6. Memahami
konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
B.
Kompetensi Dasar
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menurunkan rumus keliling
bangun segitiga.
2. Menurunkan rumus luas bangun
segitiga.
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menurunkan
rumus keliling dan luas bangun segitiga.
E.
Materi Ajar
Segitiga.
F.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran picture and picture..
G.
Kegiatan Pembelajaran
Penerapan metode
pembelajaran
picture
and picture adalah sebagai berikut:
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
1.
Siswa
melakukan apersepsi terkait
tentang materi segitiga. Tujuannya, menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.
Siswa
mengetahui kompetensi yang akan
dicapai dalam pembelajaran.
3.
Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
4.
Memotivasi siswa dengan menunjukkan gambar –
gambar yang ada hubungannya dengan segitiga.
|
10 menit
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Guru memberi salam dan mengabsen siswa.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.
Siswa diperlihatkan gambar – gambar
yang berkaitan dengan materi.
4.
Guru menyampaikan atau menjelaskan materi
tentang keliling dan luas segitiga .
5.
Setiap
perwakilan kelompok mengambil LKS untuk setiap anggota kelompoknya.
6.
Masing-masing
kelompok berdiskusi untuk menyelesaikan masalah yang terdapat dalam LKS (Guru mengamati dan membimbing kelompok
yang mengalami kesulitan).
7.
Siswa diminta
mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan guru bertindak sebagai
fasilitator.
8.
Siswa dari
kelompok lain memberi tanggapan.
9.
Siswa
mengerjakan soal kuis individu untuk mendapatkan penghargaan berdasarkan
perolehan nilai peningkatan individu dari nilai dasar.
|
65
menit
|
C. Penutup
1.
Siswa menyimpulkan/merangkum
hasil diskusi.
2.
Siswa
diberikan Pekerjaan Rumah (PR).
3.
Siswa
dikenalkan dengan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
|
5 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian
Terdapat aspek yang akan dilatih dan dikembangkan serta dievaluasi dalam
pembelajaran ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu teknik
penilaiannya menggunakan tes tertulis.
b.
Bentuk
Instrumen
Bentuk instrumen yang digunakan berupa tes uraian
c.
Instrumen
yang dipakai (terlampir)
I.
Sumber belajar
a. Buku teks Matematika untuk SMP Kelas VII Semester. Penerbit Yudhistira.
b. Buku teks Matematika
BSE.
c. LKS 02.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar