RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KELAS EKSPERIMEN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Gerung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII ( Tujuh )
Semester
: II ( Dua )
Standar
Kompetensi : Garis dan sudut.
1. Memahami hubungan garis dengan garis,
garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Menentukan hubungan antara dua
garis, serta besar dan jenis sudut.
Alokasi Waktu
: 3 x 40 menit ( 1 pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, dan
bersilangan).
·
Siswa
dapat membagi ruas garis menjadi n bagian
sama panjang dengan jangka.
v Karakter siswa yang diharapkan.
B.
Materi Ajar
Garis
dan sudut yakni mengenai:
1. Garis
2. Kedudukan garis
3. Membagi ruas garis menjadi n sama besar
4. Perbandingan segmen garis.
C.
Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dengan menerapkan model pembelajaran Round Club.
D.
Langkah-langkah Kegiatan.
& Pendahluan
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
|
Apersepsi:
· Sebelum
memulai pelajaran, guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a.
· Guru
Mengabsensi kehadiran siswa.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Motivasi:
Jika materi ini dikuasai dengan baik, siswa diharapkan memahami pengertian garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) dan dapat membagi ruas garis menjadi n sama besar dengan menggunakan jangka. |
· Seluruh
siswa berdo’a sesuai keyakinan masing-masing.
· Mendengarkan
absensi dari guru.
· Memperhatikan
dan menyimak apa yang disampaikan guru.
· Mendengarkan
apa yang di sampaikan guru
|
10
Menit
|
& Kegiatan Inti.
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Alokasi
waktu
|
|
Eksplorasi:
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi secara umum kepada siswa tentang materi yang
diajarkan.
Elaborasi:
· Membagi
kelompok siswa menjadi beberapa kelompok dan kemudian meminta siswa duduk
sesuai dengan kelompoknya.
· Memberikan
tugas berbentuk LKS kepada masing-masing kelompok.
· Memberikan
kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempelajari LKS yang
diberikan.
· Meminta
salah satu anggota dari masing-masing kelompok menilai dengan memberikan
pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
· Meminta
siswa berikutnya dari masing-masing kelompok untuk memberikan pandangan dan
pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan secara bergiliran
searah perputaran jarum jam.
· Meminta
satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok
lain menanggapinya.
· Meminta
kepada masing-masing kelompok untuk mengumpulkan lembar kerjanya.
Kofirmasi:
Menyimpulkan dan menjelaskan hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
|
Mendengarkan
penjelasan dari guru.
· Siswa
mencari anggota dan duduk masing-masing sesuai kelompok yang sudah dibagikan
oleh guru. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang yang memiliki kemampuan
heterogen.
· Kelompok
siswa menerima tugas yang diberikan oleh guru.
· Masing-masing
kelompok mempelajari LKS yang diberikan oleh guru.
· Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan
dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
· Memberikan
pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan secara
bergiliran searah perputaran jarum jam.
· Kelompok
siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok lain menanggapinya.
· Mengumpulkan
lembar kerja.
· Memperhatikan
apa yang disampaikan oleh guru.
|
5 menit
5 menit
45 menit
30 menit
15
menit
|
& Penutup
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
|
· Menanyakan
kesulitan yang dialami siswa
· Meminta
salah satu siswa untuk memimpin do’a sebelum mengakhiri pelajaran.
|
·
Bertanya
·
Seluruh siswa
berdo’a sesuai dengan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
E.
Alat
dan Sumber Belajar
Sumber:
· Buku
paket Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs oleh
Nuharini dan Wahyuni, penerbit PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional.
· Buku
PR Matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester II oleh Ngapiningsih dan
Miyanto, penerbit Intan Pariwara.
· Lingkungan
· Buku
referensi lain yang relevan
Alat:
·
Spidol
·
Penggaris
·
Jangka
F.
Penilaian.
Teknik :
Tes
Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh Instrumen :
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
![]() |
Tentukan
garis yang sejajar dengan garis
!
2.
Perhatikan
kubus ABCD.EFGH berikut.
Perhatikan
kubus ABCD.EFGH berikut.
Tentukan garis
yang bersilangan dengan garis CD, garis yang berpotongan dengan garis AD, dan
garis yang sejajar dengan garis HG!

Tidak ada komentar:
Posting Komentar