RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KELAS EKSPERIMEN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Gerung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII ( Tujuh )
Semester
: II ( Dua )
Standar
Kompetensi : Garis dan sudut.
1. Memahami hubungan garis dengan garis,
garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Menentukan hubungan antara dua
garis, serta besar dan jenis sudut.
Alokasi Waktu
: 3 x 40 menit ( 1 pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, dan
bersilangan).
·
Siswa
dapat membagi ruas garis menjadi n bagian
sama panjang dengan jangka.
v Karakter siswa yang diharapkan.




B.
Materi Ajar
Garis
dan sudut yakni mengenai:
1. Garis
2. Kedudukan garis
3. Membagi ruas garis menjadi n sama besar
4. Perbandingan segmen garis.
C.
Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dengan menerapkan model pembelajaran Round Club.
D.
Langkah-langkah Kegiatan.
& Pendahluan
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
Apersepsi:
· Sebelum
memulai pelajaran, guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a.
· Guru
Mengabsensi kehadiran siswa.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Motivasi:
Jika materi ini dikuasai dengan baik, siswa diharapkan memahami pengertian garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) dan dapat membagi ruas garis menjadi n sama besar dengan menggunakan jangka. |
· Seluruh
siswa berdo’a sesuai keyakinan masing-masing.
· Mendengarkan
absensi dari guru.
· Memperhatikan
dan menyimak apa yang disampaikan guru.
· Mendengarkan
apa yang di sampaikan guru
|
10
Menit
|
& Kegiatan Inti.
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Alokasi
waktu
|
Eksplorasi:
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi secara umum kepada siswa tentang materi yang
diajarkan.
Elaborasi:
· Membagi
kelompok siswa menjadi beberapa kelompok dan kemudian meminta siswa duduk
sesuai dengan kelompoknya.
· Memberikan
tugas berbentuk LKS kepada masing-masing kelompok.
· Memberikan
kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempelajari LKS yang
diberikan.
· Meminta
salah satu anggota dari masing-masing kelompok menilai dengan memberikan
pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
· Meminta
siswa berikutnya dari masing-masing kelompok untuk memberikan pandangan dan
pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan secara bergiliran
searah perputaran jarum jam.
· Meminta
satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok
lain menanggapinya.
· Meminta
kepada masing-masing kelompok untuk mengumpulkan lembar kerjanya.
Kofirmasi:
Menyimpulkan dan menjelaskan hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
|
Mendengarkan
penjelasan dari guru.
· Siswa
mencari anggota dan duduk masing-masing sesuai kelompok yang sudah dibagikan
oleh guru. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang yang memiliki kemampuan
heterogen.
· Kelompok
siswa menerima tugas yang diberikan oleh guru.
· Masing-masing
kelompok mempelajari LKS yang diberikan oleh guru.
· Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan
dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
· Memberikan
pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan secara
bergiliran searah perputaran jarum jam.
· Kelompok
siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok lain menanggapinya.
· Mengumpulkan
lembar kerja.
· Memperhatikan
apa yang disampaikan oleh guru.
|
5 menit
5 menit
45 menit
30 menit
15
menit
|
& Penutup
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
· Menanyakan
kesulitan yang dialami siswa
· Meminta
salah satu siswa untuk memimpin do’a sebelum mengakhiri pelajaran.
|
·
Bertanya
·
Seluruh siswa
berdo’a sesuai dengan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
E.
Alat
dan Sumber Belajar
Sumber:
· Buku
paket Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs oleh
Nuharini dan Wahyuni, penerbit PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional.
· Buku
PR Matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester II oleh Ngapiningsih dan
Miyanto, penerbit Intan Pariwara.
· Lingkungan
· Buku
referensi lain yang relevan
Alat:
·
Spidol
·
Penggaris
·
Jangka
F.
Penilaian.
Teknik :
Tes
Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh Instrumen :
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
![]() |
Tentukan
garis yang sejajar dengan garis
!

2.
Perhatikan
kubus ABCD.EFGH berikut.

Tentukan garis
yang bersilangan dengan garis CD, garis yang berpotongan dengan garis AD, dan
garis yang sejajar dengan garis HG!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar