marquee

welcome to my blog

Sabtu, 11 Juli 2015

RPP MATERI BILANGAN





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah          : SMP NEGERI 1 GERUNG
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas                         : VII (Tujuh)
Semester                   : 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : 3 x 40 menit (1x pertemuan)

Standar Kompetensi : BILANGAN
1.      Memahami sifat – sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar     : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
A.       Tujuan pembelajaran
Ø  Peserta didik dapat memahami pengertian bilangan pecahan.
Ø  Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan yakni bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.
Ø  Peserta didik dapat mengubah pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

v  Karakter siswa yang diharapkan
-          Disiplin (Dicipline)
-          Rasa hormat dan perhatian (Respect)
-          Tekun (Diligence)
-          Tanggung jawab (Responsibility)

-          Religius 
A.       Materi Pembelajaran
1.         Pengertian bilangan pecahan
Bilangan pecahan digunakan untuk menyatakan bagian dari suatu yang utuh. Bilangan pecahan dituliskan dalam bentuk   dengan a dan b bilangan bulat serta b  0. Pada bilangan pecahan  , a disebut pembilang dan b disebut penyebut.
 Misalkan bilangan  .                 

     Bilangan pecahan  menyatakan
                        3 bagian dari seluruh 4 bagian yang sama.
2.      Bentuk – bentuk pecahan
·         Pecahan yang pembilangnya kurang dari penyebutnya disebut pecahan murni, misal dan seterusnya. Pecahan yang pembilangnya sama atau lebih dari penyebutnya disebut pecahan tidak murni, misal  dan lainnya. Pecahan murni dan pecahan tidak murni termasuk pecahan biasa.
·          disebut pecahan campuran, yaitu pecahan yang dinyatakan dengan bagian bulat dan pecahan murni.
·         Pecahan desimal dapat dinyatakan dengan bentuk a,b dengan a dan b bilangan bulat. a merupakan bagian bulat, sedangkan b merupakan bagian pecahan. Misal 2,1; 1,5; dan 0,5.
·         Persen ( seperseratus ) dilambangkan dengan %. Misal 10%, 20%, 5% dan sebagainya.
·         Permil ( perseribu ) dilambangkan  . Misal 10  .
3.         Mengubah bentuk pecahan ke bentuk  pecahan yang lain.
·         Pecahan tidak murni diubah menjadi pecahan campuran
Contoh:
Tuliskan  dalam bentuk pecahan campuran !
Penyelesaian:
 
Tuliskan dalam bentuk pecahan murni  !
Penyelesaian:
Arti bilangan  adalah bilangan , tetapi  sehingga  
·         Pecahan tidak murni dapat dijadikan desimal dengan cara mengubah penyebut pecahan menjadi 10, 100, 1000, dan seterusnya. Banyak angka di belakang koma menyatakan banyak nol pada penyebut pecahan.
Contoh:
Ubahlah pecahan murni ke dalam bentuk pecahan desimal!
Penyelesaian:
 
Ubahlah 0,25 menjadi pecahan murni!
Penyelesain:
 
·         Pecahan dapat diubah ke bentuk persen dengan cara mengubah penyebut pecahan atau mengalikan pecahan dengan 100%.
Contoh : atau  
·         Pecahan dapat diubah ke bentuk permil dengan cara mengubah penyebut pecahan menjadi 1.000 atau mengalikan pecahan dengan .
Contoh:  atau


B.     Metode Pembelajaran
·           Model       : Pembelajaran Langsung (direct instruction)
·           Metode     : ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.

C.    Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan pendahuluan ( 15 menit )
·         Absensi peserta didik
·         Apersepsi : menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b.      Kegiatan inti ( 90 menit )
-            Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan  (bilangan pecahan biasa, campuran , desimal,  persen dan permil serta mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan lainnya), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut ( bahan: buku paket, yaitu buku Matematika VII semester 1, mengenai mengingat bilangan pecahan biasa dan campuran, mengenai mengenal pecahan yang senilai, mengenai mengenal persen dan permil dan mengenai mengenal bilangan desimal ).
-            Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan ( bilangan pecahan biasa, campuran, desimal , persen , dan permil. )
-            Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai atau diraster, mengenai pecahan yang senilai, mengenai cara menyederhanakan suatu pecahan dan mengenai cara mengurutkan pecahan.
-            Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
-            Memfalisitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,lingkungan dan sumber belajar lainnya.
-            Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
-            Peserta didik mengerjakan soal – soal latihan dalam buku paket mengenai bilangan pecahan, mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar, mengenai penentuan pecahan yang senilai, mengenai mengurutkan pecahan.
-            Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket atau sumber lain mengenai penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diarsir, mengenai penentuan pecahan yang senilai, dan penyederhanaan pecahan, mengenai pengurutan pecahan, kemudian peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain –  lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
-            Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-            Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
o   Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertayaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
o   Membantu menyelesaikan masalah.
o   Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
o   Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
o   Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.         Kegiatan Akhir ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru;
-            Bersama – sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
-            Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
-            Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-            Merencanakan  kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

D.    Alat dan Sumber Belajar
Alat:
-            Kertas polio
-            Gunting atau kater
Sumber:
-            Buku paket, yaitu Matematika SMP kelas VII Semester I ( Wono Setya Budhi, Ph.D : penerbit ERLANGGA )
-            Buku PR Matematika kelas VII Semester I ( Nur Aksin dan Ngapiningsih : penerbit Intan Pariwara )
-            Internet
-            Sumber – sumber lain yang relevan.
A.    Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
1.        Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,  persen, dan permil.

2.        Menyatakan  bentuk gambar ke dalam pecahan.



3.        Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan lainnya.

Tes tertulis
Tes uraian
1.        Tuliskan dalam bentuk pecahan!
a.       Tiga per empat
b.      Sebelas per dua puluh tiga
c.       Lima persen
d.      Delapan puluh dua permil
2.      Tuliskan bentuk nilai pecahan gambar diwarnai bawah ini!







3.      Ubahlah pecahan tidak murni berikut ke dalam bentuk pecahan campuran!
a.        
b.     
c.      





Guru Pamong

Gerung, 04 September 2012

 Mahasiswa PPL




H  A  P  I  D  I  N,  S.  P  d
NIP.19620502 198412 1 005








Mengetahui:
Kepala SMPN 1 Gerung,




H. M U Z A P I R, S.Pd. M.Pd.
NIP. 19651231 198601 1 036




SAMSUL BAHRI
NIM : 09-221-330





Tidak ada komentar:

Posting Komentar